real estate menu left
real estate menu right

Tentang Matra PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 19 November 2013 03:20

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4


Tentang Kami      

 

MATRA Sekilas

Mitra Kesejahteraan Rakyat, selanjutnya disingkat MATRA, adalah wadah yang menampung dan menyalurkan sumbangan sukarela dari para pejabat struktural  eselon II, III dan Kepala SMA/SMK, SMP Negeri serta PNS dan pihak lainnya di Kabupaten Sragen, sebagai bentuk kepedulian untuk ikut mendukung program Pemerintah Kabupaten Sragen dalam pengentasan kemiskinan.

Gagasan pembentukan MATRA ini muncul dari Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman ketika melihat kenyataan bahwa di Kabupaten Sragen masih ada sekitar 350 ribu warga miskin dengan 62 ribu Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Logikanya, Jika hanya mengandalkan kemampuan Pemkab Sragen dengan APBD yang terbatas, tentu pengentasan kemiskinan itu memakan waktu cukup lama.

Sebagai contoh, jika Pemkab Sragen melalui APBD plus bantuan APBN dan APBD Provinsi Jateng  hanya bisa memperbaiki sekitar 1000 RTLH setiap tahun, maka program bedah rumah bagi warga miskin ini butuh waktu 62  tahun. Sungguh menyedihkan. Mungkin sampai pemilik RTLH itu, bahkan kita sendiri sudah banyak yang meninggal dunia, belum bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Meski Pemkab Sragen sudah begitu maksimal mengatasi problem kemiskinan, bahkan sejak Mei 2012 telah membentuk Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) yang  diklaim oleh beberapa Kementerian RI sebagai satu-satunya Kantor di Indonesia yang menangani kemiskinan secara terpadu, namun tetap memerlukan sinergitas semua pihak.

Makanya, MATRA yang dibentuk Bulan November 2013 ini bisa disebut sebagai wadah peduli kemanusiaan, karena bertujuan untuk mendorong percepatan program pengentasan kemiskinan. Pada tahap awal, program ini diprioritaskan untuk bantuan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) atau bedah rumah bagi keluarga miskin di setiap desa. Jika sudah berjalan lancar, akan diprogramkan juga untuk pemberian bantuan lain, misalnya pemberdayaan warga miskin agar bisa meningkatkan taraf hidupnya. Ini adalah tugas mulia, sekaligus perwujudan rasa syukur atas karunia dan amanah dari Tuhan Yang Maha Pemurah melalui jabatan yang kita sandang dan rejeki yang kita terima.

Mekanismenya, setiap bulan para donatur mengirimkan sumbangan melalui rekening Bank yang ditunjuk, kemudian fotocopy bukti transfer dan nama penyumbang dikirim ke secretariat MATRA atau email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it .

Setelah sumbangan terkumpul, berdasarkan data dan survey yang dilakukan UPTPK, serta hasil koordinasi dengan pihak terkait, Tim MATRA akan mendampingi para penyumbang untuk menyerahkan bantuan kepada sasaran yang telah ditentukan setiap tiga bulan, atau menyesuaikan jumlah sumbangan yang terkumpul.

Pada tahap awal, sumbangan diberikan sebagai dana stimulan untuk biaya perbaikan RTLH sebesar Rp. 4 juta setiap Kepala Keluarga. Dana stimulan ini diharapkan bisa memacu swadaya masyarakat sekitarnya untuk membantu perbaikan RTLH. Pada tahap berikutnya, insya Allah, bantuan akan ditingkatkan menjadi Rp. 5 juta tiap unit rumah.

Sekretariat MATRA akan melakukan pelaporan dan publikasi secara terbuka sumbangan yang terkumpul dan kegiatannya melalui website, maupun media lainnya.

Semoga apa yang telah Bapak, Ibu, Saudara berikan untuk membantu warga miskin, menjadi amal kebaikan yang akan mendapat balasan berlipat ganda dari Allah, Tuhan Yang Maha Pemurah. Aamiin.

TIM MATRA SRAGEN

Penasihat       : Agus Fatchur Rahman, SH, MH

Komisioner     :

  1. Drs. Tatag Prabawanto B., MM
  2. Drs. Parsono, MM 
  3. Tugiyono, SH
  4. Suharto, SH, MH
  5. Supriyatno, MM
  6. Dwiyanto, S.STP, M.Si
  7. Suyadi, M.Kes

Sekretariat     : Dra. Yuniarti, MH, Drs. Darmawan, MSi, Suratno, MSi dan Suparto, S.Sos, MM.

Alamat            : Jl. Raya Sukowati No. 255 Sragen (Kompleks Kantor UPTPK)  Email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it Contac Person Suparto,S.Sos, MM HP : 08156713794.

 



Last Updated on Thursday, 04 August 2016 03:37
 


Matra Kabupaten Sragen.